Mengenal Bagian-bagian Kamera


Sebelum kita menggunakan alat tentunya perlu mengetahui fungsi dan bagian-bagian dari alat tersebut, terutama kamera. kamera merupakan alat untuk mengambil gambar. pada kamera terdapat bagian-bagian dan fungsi yang berbeda.

Penggunaan kamera bukan hanya tentang menekan tombol shutter saja. ada banyak hal harus kita ketahui agar kamera tersebut bisa digunakan secara maksimal. Berikut ini adalah contoh dari bagian-bagian kamera Canon EOS 600D. jika kamera anda berbeda, jangan kuatir. karna bagian kamera tersebut tidak jauh beda dengan yang lainnya.

Bagian-bagian kamera dan fungsinya

Keterangan nomor :


  1. Lensa
    ini merupakan bagian penting dari kamera yang harus ada. fungsinya untuk melihat objek foto yang diambil.jika pada bagian tubuh manusia disebut dengan mata.Lensa terbagi atas 3 jenis yaitu ; Lensa Zoom, Lensa fix dan Lensa Sapu Jagad ( baca selengkapnya : jenis-jenis lensa pada kamera)
  2. Tombol Stabilizer (IS, VR, VC)
    Cara kerja dari Stablizer ini adalah mengandalkan sebuah gyrosensor untuk mendeteksi getaran pada kamera serta melakukan kompensasi secara mekanik untuk meredam getaran. Fungsinya untuk menghindari atau meminimalisir hasil foto blur/motion. perlu diketahui, tidak semua kamera mempunyai tombol stabilizer
  3. Tombol pembuka lensa
    tombol ini digunakan untuk membuka lensa dengan cara menekan dan tahan sambil diputar ke kiri.
  4. Tombol fokus 
    ada 2 pilihan pada tombol fokus yaitu ; AF (Auto Focus) & MF (Manual Focus).  fungsi dari AF adalah untuk pengambilan fokus tidak perlu lagi memutar lensa fokus, karna kamera secara otomatis akan mencari fokus sendiri. sedangkan MF kita harus mencari fokus gambar secara manual.
  5. Tombol pembuka flash
    tombol ini kegunaannya untuk mengaktifkan flash dengan cara menekan tombol tersebut.
  6. Built-in Flash Light
    Lampu Blitz atau Flash akan keluar ketika tombol Flash di tekan. Fungsinya untuk memberikan cahaya dengan efek kilat pada objek foto yang akan diambil.
  7. Tombol shutter
    fungsinya untuk mengambil foto dengan cara menekannya.(baca selengkapnya ; teknik yang benar menggunakan tombol shutter)
  8. Grip
    pada body kamera ada sesuatu yang menonjol pada bagian kanan yang dgunakan untuk pegangan. Grip didesain dengan tekstur kasar yang berfungsi untuk aga bisa memegang kamera dengan kuat. cara memegang Grip akan menentukan kualitas foto yang yang dihasilkan nantinya blur atau tidak.
  9. Anti Red Eye
    bagian ini digunakan untuk menangkal terjadinya efek mata merah saat difoto. red eye akan terlihat jika kita menggunakan flash. semua itu bisa diatasi dengan Anti Red Eye yang ada pada body kamera.
  10. Tombol Preview
    kegunaan tombol ini untuk melihat hasil foto yang telah diambil.
  11. Tombol Delete
    fungsinya untuk menhapus data yang ada.
  12. Tombol navigasi
    kegunaannya untuk mengendalikan menu yang ada pada kamera. tidak semua navigasi sama dengan kamera yang lainnya. Navigasi ada 3 jenis yaitu ; analog, sroll dan tombol 4 arah.
  13. Tombol Fn/Q
  14. Tombol AV
  15. Tombol Zoom
  16. Mode-dial
  17. Tombol lifeview
  18. Viewvinder
  19. Tombol menu
  20. Layar LCD
  21. Tombol ISO
  22. Main-dial
  23. Tombol Display 
  24. Tombol ON/OFF


No comments